‘Concentrate’ agar Dihargai Lebih Mahal

2djt38k

Pernah membeli pewangi baju, pembersih lantai atau makanan kemasan? Jika Anda perhatikan, jika diberi label konsentrat, harganya bisa menjadi jauh lebih mahal. Karena memang diharapkan, orang menggunakannya untuk mencairkan, membuatnya dalam kemasan kecil dengan kemampuan yang lebih besar. Seperti juga kemampuan kita, kemampuan kita akan berkali lipat lebih baik dan berpikir lebih tajam, jika Anda melakukannya; konsentrasi.

Konsentrasi amat membantu melipatgandakan kemampuan berpikir dan bekerja Anda. Ia mengerahkan seluruh daya yang Anda miliki satu pada satu titik fokus. Sebuah kemampuan berpikir yang akan membuat Anda bekerja seperti seorang jenius.

Suatu kajian yang diadakan Reader’s Digest, menunjukkan hasil bahwa, mereka yang jenius memperlihatkan cara kerja yang sangat berbeda dengan mereka yang kecerdasannya rata-rata. Cara kerja ini lah yang dapat ditiru oleh kita agar mendapatkan kualitas yang sama dengan mereka.

Kapan saja terjadi suatu kesalahan, mereka akan berhenti, menganalisa dan mengamatinya secara hati-hati. Langkah demi langkah, sebelum menarik sebuah kesimpulan atau mengambil tindakan mengatasi keadaan itu.

Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai kantor dari rumah? Ada berapa mencapainya yang Anda ketahui? Terpikir kah di benak Anda, bahwa sebaik apapun Anda melakukan sesuatu, selalu ada perkembangan lebih cepat dan lebih baik melakukannya Seberapa seringpun Anda melakukan sesuatu, selalu temukan cara yang lebih baik untuk melakukannya. Para jenius memiliki satu kebiasaan: Menjaga sense of wonder. Sederhananya, terheran-heran seperti anak kecil. Apakah Anda memperhatikan cara anak kecil mengamati sekelilingnya? Semua tampak baru dan dilihat dengan rasa ingin tahu. Para jenius, memiliki cara pandang seperti anak kecil ini. Ia melihat segala sesuatu dengan pertanyaan: “apalagi kemungkinan solusinya?”

Kita memang hidup di era yang seolah mencibir kata-kata fokus. Semesta seolah sedang bekerja sangat cepat, sehingga kita harus melakukan serangkaian tugas sekaligus. Gadget yang Anda miliki bahkan dituntut untuk melakukan tugas yang sama. Namun jika mau jujur, kita hanya mampu mengerjakan sesuatu dengan baik sekali ketika mencurahkan seluruh daya kemampuan kita pada satu hal tersebut. Misalnya PC/Laptop Anda. Sebanyak apapun aplikasi yang tengah Anda buka, berapa banyakpun laman yang sedang Anda akses untuk mengunduh atau mengunggah data dalam waktu bersamaan, Anda hanya dapat mengetik, menghitung, menulis, memusatkan perhatian pada satu hal yang sedang Anda lakukan saja.

Memusatkan perhatian pada satu hal di jaman yang ‘bising informasi’ ini memang tidak mudah. Namun, pernah memperhatikan seorang pemain musik jenius berlatih? Seluruh tubuhnya seolah ikut larut dalam permainan musiknya. Tangan, kepala dan seluruh perhatian tertumpah pada permainan tersebut. Seperti itulah ‘konsentrasi’ seorang jenius. Hampir setiap orang yang mampu mendisiplinkan dirinya dalam satu tugas sampai selesai, atau menekuni satu bidang, akan menampilkan pencapaian yang menonjol di atas rata-rata orang lainnya. Hasilnya? Bersiap lah dihargai lebih mahal.

*Anda dapat mencari informasi lebih detil tentang pelatihan-pelatihan in-house kami dengan mengirim email ke: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. "> This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. , atau sms ke 021-83254525