Kerja Atas Nama Cinta

Pernahkah terpikir di benak Anda, mengapa kita perlu mengucapkan kata ‘bismillahirrahmanirahiim’ setiap kali beraktivitas? Mengapa bukan NamaNYA yang lain? Dengan namaNya yang maha berkuasa, maha kaya atau maha bijaksana? Pernakah tergetar hati Anda ketika menyadari bahwa kita melakukan setiap aktivitas kebaikan atas nama Sang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Bagaimana mungkin tidak diawali dengan cinta? Bagaimana mungkin pula kita berkhianat dengan diri kita sendiri, jika melakukan kebaikan tanpa cinta?

 

Kita tahu betapa dahsyatnya kekuatan niat. Kita paham, betapa kuatnya niat mempengaruhi kenikmatan dan hasil karya dari apa yang kita pancangkan sebelumnya. Kita pun tahu, kondisi bahagia ketika melakukan pekerjaan tertentu, berdampak sangat besar terhadap hasil yang kita dapatkan.

Pertanyaannya, mengapa? Bukankah terkadang iming-iming nilai besar proyek atau angka nomimal dari yang akan kita dapatkan sepadan dengan pentingnya nilai kerja yang kita lakukan? Ternyata tidak.

 

John Demartini berkata, orang yang mengalami cinta dan penghargaan, akan terjadi sinkronisasi pada otak dan jantungnya. Dalam kondisi itu, kekuatan niat seorang manusia berfungsi optimal. Kreasi yang didasakan atas dasar cinta kasih dan mencintai apa yang Anda kerjakan, menghasilkan mahakarya yang keindahannya melintasi waktu. Cinta dalam hati kita, menyelaraskan seluruh bagian otak kita. Kita mampu menjadi lebih mapan dan adaptif dalam menghadapi lingkungan.

 

Tak heran, semakin kita mencintai apa yang kita lakukan, semakin bergema cinta itu pada hasil karya yang kita hasilkan. Ada banyak lagu yang tercipta kala seseorang jatuh cinta, ada banyak dongeng yang berupaya mengekalkan bahwa alasan cinta mampu mengguncang dunia. Amor vincit omnia, cinta menaklukkan segala. Dan bagi kita, setiap kali membuka mata, setiap saat menggerakkan tubuh untuk bekerja, setiap kata yang sadar terucap, adalah kesempatan merayakan cinta dengan kata dan perbuatan.

Kerja yang diawali, dilakukan dan diakhiri dengan adalah meninggalkan jejak keindahan dan kemuliaan di semesta.

 meT0dZa

“Setiap pekerjaan penting yang tidak dibuka dengan bismillahirrahmanirrahim akan terputus keberkahannya”. (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).


Rima Olivia

3 Maret 2014