Cara Menjadi Karyawan "Juara"

Apakah dunia kerja Anda menuntut Anda selalu menghasilkan ide-ide cemerlang? Apakah Anda berada dalam lingkup pekerjaan yang mengharuskan Anda selalu berkompetisi? Selalu produktif? Di sisi lain apakah Anda pernah berada di titik tertinggi Usaha Anda? Mendapatkan pencapaian yang Anda idamkan? Pernahkan Anda merasakan hal tersebut?.

Mungkin Anda bertanya-tanya apa yang ingin dibahas di sini? Seorang penjual hijab, berhasil mendulang kesuksesannya dengan berdagang bukan karena hijab banyak digunakan oleh mayoritas perempuan Indonesia, tapi karena penjual memberikan inovasi-inovasi baru dalam produknya. Lalu, Sandiaga Uno. Ia tetap konsisten dengan keterampilan dan usahanya meski jatuh. Ia tetap bangkit hingga menjadi pengusaha sukses. Pada contoh lain, kita menemukan seorang pegawai yang bekerja puluhan tahun dengan gaji yang sangat besar, tatapi Ia tak pernah merasa bahagia. Taukah Anda apa yang menyebabkan mereka demikian? Apa yang sebagian mereka ketahui dan yang lain tidak? Apa yang menyebabkan mereka sukses, sementara yang lain gagal?

Rahasia itu adalah mengenali diri Sendiri. Jika pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang, maka benar adanya. Ketika Anda tak lagi mengenali diri Anda sendiri, maka bagiamana Anda mampu menyayangi diri Anda. Jika Anda tidak sayang maka Anda tidak dapat mengetahui Apa yang sebenarnya Anda butuh dan inginkan. Pekerjaan adalah hidup Anda. Boleh jadi sebagian besar waktu Anda habis untuk bekerja. Oleh sebab itu bekerja atau menjalankan bisnis Anda dengan sepenuh hati sangat diperlukan, agar Anda menjalani pekerjaan dengan penuh semangat dan lebih produktif.

Selain bekerja dengan sepenuh hati, yang menjadi kunci kesuksesan Anda adalah mencari “Juara” dalam Anda. Sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu Apa itu Menjadi Juara. Menjadi Juara adalah keadaan dimana seseorang mampu mencapai keunggulan diri dengan menggali potensi dalam dirinya. Apa signifikansinya “menjadi Juara” ini terhadap hidup Anda? Setelah Anda mengetahui “Juara” Anda, maka dengan sendirinya Anda akan mendapat kemudahan untuk menjemput impian Anda, mengapa? karena Anda akan tahu betul apa minat, bakat dan keterampilan Anda. Anda dapat meng-‘copy paste’ keterampilan dan strategi tersebut di kesempatan-kesempatan lain.

Untuk mengetahui hal ini, anda memerlukan latihan. Jangan kawatir karena ada langkah sederhana yang dapat anda lakukan. Yaitu dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan pada diri sendiri, guna melihat bakat dan minat Anda.

Pertanyaan yang wajib anda jawab seperti; Siapa Anda? Siapa saja yang selalu mendukung Anda, lingkungan seperti Apa yang ada di sekeliling Anda. Apa? Apa yang anda gemari, hal ini akan secara langsung mengarah pada keterampilan apa yang Anda miliki. Lihatlah apa yang dapat Anda eksplor. Pekerjaan Apa dan bidang Apa yang Anda sukai? jangan lupa untuk melakukan list pekerjaan yang Anda sukai sebelumnya. Kapan? kapan waktu emas Anda? Jalan pintas menuju sukses salah satunya adalah mengenali saat-saat unggul anda. Menyadari saat-saat terbaik anda. Saat-saat Anda mampu berfikir produktif adalah hal penting. Mengetahui kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk bekerja, apakah pagi, siang, atau malam.

Kemudian Dimana? Mengetahui minat anda bekerja tentu tidak lepas dari, dimana Anda bekerja. Di kantor, di sebidang lahan, di rumah, atau di restoran untuk menunjang pekerjaan Anda. Yang tidak kalah penting, adalah bagaimana Anda menjalankan pekerjaan atau bisnis tersebut. Selanjutnya, pertanyaan pamgungkas yg sebaiknya Anda persiapkan jawabannya adalah Kenapa? Kenapa Anda memilih pekerjaan atau bisnis tersebut?. Alasan terkuat apa yang menyebabkan anda memilih pekerjaan atau bisnis tersebut?. Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda untuk mengenali diri Anda.

Dengan mengikuti langkah di atas, anda lebih mengenal siapa diri Anda, apa yang Anda inginkan, jalan mana yang Anda pilih, hidup Anda menjadi lebih bergairah, dan tidak hanya itu kesuksesan dan kebahagiaan hidup akan segera menghampiri Anda.

 

Detty Oktavina

2 Maret 2015miOOTGG