Mengapa Olah Raga Membuat Anda Lebih Produktif

Produktivitas adalah tolok ukur sesorang menghasilkan produk secara maksimal dan optimal. Dalam dunia kerja, produktivitas diharuskan bagi para pekerja, oleh sebab itu meningkatakan produktivitas adalah PR bagi para pekerja untuk meningkatkan kempetensinya. Untuk meningkatkan produktivitas sebagian orang fokus terhadap kreativitas dan inisiatif yang timbul dan dipaksakan muncul. Ternyata ini tidak sepenuhnya berhasil. Lalu apa pentingnya berolahraga yang menghasilkan keringat? Dan apa hubungannya dengan produktivitas kerja?

Di sini kita akan melihat betapa erat kaitan antara olahraga dengan peningkatan produktivitas. Tentang berolahraga, banyak orang yang sudah teramat sadar dengan kegiatan yang satu ini, bahkan sudah menjadi rutinitas disela-sela kesibukannya. Tidak hanya orang-orang sibuk yang kehabisan waktu untuk berolahraga, tetapi kemalasan untuk bergerak dan meluangkan waktu juga menjadi penghambat kegiatan ini.

Yang pasti sudah Anda ketahui bahwa dengan berolahraga kesehatan jasmani Anda juga semakin meningkat, Anda menjadi lebih bugar. Lebih dari itu banyak hal yang akan Anda dapat ketika berolahraga. Pertama, Sel otak orang yg rajin berolahraga lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga. Sel yang dihasilkan ini mengandung mitokondria, apa itu mitokondria? Yaitu “Pembangkit listrik”, sel ini menghasilkan bahan kimia yang digunakan untuk tubuh sebagai energi, dikenal dengan ATP. Energi Anda akan sealalu full tidak habis meskipun Anda beraktivitas sepanjang hari, terutama bagi kerja otak, sehingga akan membantu Anda untuk Meningkatkan output pada mental Anda. Selain itu olahraga dapat membantu memperlancar peredaran darah Anda, mengalirkan darah ke otak, sehingga mempertajam kesadaran, dan membuat Anda lebih siap untuk menerima tantangan dalam pekerjaan.

Anda harus tahu olahraga yang rutin memberikan lebih banyak energi bagi Anda. Jangan khawatir, Anda tidak harus berolahraga hingga berjam-jam dan berkeringat “badai”. University of Georgia melakukan penelitian, bahwa berolahraga dengan intensitas rendah, sedang ataupun tinggi ternyata tidak berpengaruh terhadap energi atau produktivitas yang dihasilkan, menurut penelitian tersebut, manfaat akan didapat ketika Anda rutin berolahraga, tentu membuat Anda merasa lebih bersemangat dalam bekerja dan dapat merubah suasana hati Anda.

Penelitihan lain dari University of Cambridge menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga akan lebih bahagia, membantu Anda mampu ber-deal dengan stres, sehingga dengan mudah Anda dapat mengatasi stres. Orang yang tidak berolahraga dan hanya melakukan aktivitas dengan bekerja seharian di belakang meja justru pada siang hari mereka akan merasa kantuk dan lemas. Jadi cukup membahayakan bagi produktivitas kerja Anda bukan? Nah, Yang terakhir adalah, ketika Anda rutin berolahraga, maka kemungkinan besar Anda menjadi orang yang kreatif. Mengapa? Karena biasanya ide-ide akan bermunculan ketika pikiran rileks, tanpa tekanan. Ketika ide Anda muncul dan terus mengalir, maka tidak diragukan lagi produktivitas Anda akan meningkat, dan Anda siap untuk kembali berkompetisi di tempat kerja. Tunggu apa lagi? Jika Anda ingin menjadi lebih produktif masukkan waktu berolahraga sebagai salah satu prioritas Anda. 


2 Maret 2015

Detty Oktavina

375518  strong-kitten p