Menemukan Kebahagiaan Bekerja Melalui Nilai Personal

Pada tanggal 7 Juli 2015 yang laalu, bertepatan dengan bulan Ramadhan, Ahmada Consulting berkesempatan mengisi di event ‘Health Talks’ yang diselenggarakan oleh tim Occupational Health Service dari Ericsson company. Dalam kesempatan tersebut, Ibu Rima Olivia sebagai pembicara membawakan materi yang berjudul “Find Your Values For Happines at Work”

‘Happiness’ yang akhir-akhir ini marak dimaknai sebagai ‘productivity’. Bagaimana persisnya kebahagiaan bisa menunjang produktivitas kerja seseorang?

Mungkin Anda pernah melakukan pekerjaan yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya atau Anda pernah merasakan pekerjaan tidak Anda sukai? Kira-kira rasa apa yang muncul?. Bisa jadi Anda akan merasakan kebingungan, bosan, atau tidak senang ketika menghadapinya. Anda mungkin tidak bisa memilih emosi atau rasa apa yang muncul saat itu, namun Anda bisa memilih perilaku apa yang hendak Anda lakukan dalam menghadapi persoalan tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa memilih opsi pertama, yaitu mengeluh dalam melakukan pekerjaan Anda yang membuat Anda bingung atau tidak bahagia. atau memilih opsi kedua, yaitu menjadikan pekerjaan tersebut sebagai challenge bagi diri Anda sehingga membuat diri Anda lebih bersemangat dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Dari pilihan perilaku yang saya sebut di atas, kira-kira perilaku yang mana yang membuat performa kerja Anda meningkat dan lebih produktif? Saya yakin Anda akan memilih opsi kedua. Sepakat?

Lalu apa yang mendasari seseorang untuk memilih perilaku tertentu dalam menyikapi suatu situasi?

Ia adalah ‘Value’. Nilai yang Anda pilih dan tanam di pikiran bawah sadar Anda. Percaya atau tidak, setiap orang memiliki beberapa value dan menempatkannya berdasarkan prioritas yang mereka anggap lebih penting atau tidak penting. Orang memilih untuk ‘mengeluh’ dalam bekerja bisa jadi karena mereka memiliki value yang berbeda dengan orang yang memutuskan untuk tetap bersemangat dalam bekerja.

Sebagai contoh, orang yang bersemangat dalam menghadapi tantangan karena menganggap tantangan sebagai value yang penting untuk dimiliki. Tanpa tantangan mungkin ia bisa saja merasa kurang bergairah dalam menjalani aktivitas.

Nah, apakah Anda sudah merasa bahagia dalam bekerja saat ini? jika belum, coba cek lagi deh Value yang Anda pilih. Jangan-jangan memang tidak cocok dengan pekerjaan yang Anda lakukan saat ini. kalau memang tidak cocok, Anda pun bisa memilih untuk berhenti melakukan pekerjaan yang Anda lakukan saat ini atau mengubah value Anda hingga cocok dengan bidang pekerjaan Anda.

So find your values and be happy!

8 Juli 2016

Oleh: Putri Salfiani

DSC 0042